22 April 2008

kartuHALO

KartuHALO adalah kartu pasca-bayar (post-paid) dari Telkomsel. Seperti layaknya administrasi pasaca-bayar, diperlukan proses pendaftaran untuk berlangganan kartuHALO dengan melampirkan persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan. Pembayaran dilakukan setiap bulan berupa biaya abodemen (Rp. 65.000, kecuali untuk HALOkeluarga) dan biaya penggunaan/usage.
Penomoran : untuk setiap area berlaku penomoran HLR (Home Location Register) yang berbeda, dengan ketentuan sbb : 0811 XX XXXX, 0812 XX XXXX dan 0813 XX XXXX
Mulai tanggal 14 Maret 2002 diberlakukan Proses Berlangganan kartuHALO tanpa Survey Lapangan (Quick Win Process), guna percepatan aktivasi. Ketentuan ini berlaku bagi pelanggan dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Kartu Suplemen dari HALOkeluarga atau add-contract
2. Pembayaran melalui Autodebet kartu kredit
3. Pembayaran melalui autodebet tabungan atau tunai dengan menyertakan Surat Rekomendasi. Surat Rekomendasi berasal dari karyawan Telkomsel yang telah bekerja minimal 6 (enam) bulan atau dari pelanggan yang telah berlangganan minimal 6 (enam) bulan dengan historikal pembayaran baik (tidak pernah ada tunggakan).
FITUR


KartuHALO memiliki beberapa fitur yang sangat menarik antara lain :

CALL FORWARDING
Adalah fitur yang memungkinkan pelanggan untuk mengalihkan panggilan dari ponselnya ke nomor lain baik telepon biasa (fixed phone) maupun ponsel.
Tidak ada persyaratan bagi pelanggan TELKOMSEL untuk bisa menikmati fitur ini karena merupakan fitur standar.

CliR (Calling Line Identification Restriction)
Adalah fasilitas yang memungkinkan pelanggan kartuHALO tidak memunculkan nomor kartuHALO-nya pada saat melakukan panggilan ke sesama pengguna ponsel. Dengan kata lain, fitur ini adalah kebalikan dari fitur CALiPSO. Keberadaan fitur ini adalah untuk menjawab pertanyaan masalah privasi atau tujuan yang lebih penting, misalnya untuk tujuan keamanan atau lainnya, yang selama ini baru terjawab oleh kartu prabayar (prepaid).
CliR ini terdiri atas dua jenis, yaitu CLiR Temporer dan CLiR Permanen.
CLiR Temporer
Adalah fitur CLiR yang penggunaannya bersifat sementara. Agar nomor panggilnya tidak muncul setiap kali melakukan panggilan pelanggan harus memasukkan kode tertentu, yaitu #31# Kode tersebut ditulis sebelum nomor tujuan yang akan dipanggil dan penulisannya harus disatukan dengan nomor yang akan dipanggil. Agar tidak setiap saat harus memasukkan kode di atas, maka untuk nomor-nomor tertentu yang ingin disembunyikan nomor panggilnya bisa dimasukkan ke dalam “phone book” berikut kodenya. Adapun sebagai ganti dari nomor yang tidak muncul, di layar ponsel yang dihubungi akan muncul tulisan"Call", "Unknown", atau lainnya bergantung pada ponselnya.
CLiR Permanen
Berbeda dengan yang Temporer, pada fitur ini bila pelanggan telah diaktifkan CLiR-nya, maka setiap ia melakukan panggilan nomornya selalu tidak muncul. Jadi tidak perlu menggunakan atau memasukkan kode.
Memperhatikan bahwa nomor tersebut selalu akan tidak muncul pada saat melakukan panggilan, maka hanya pelanggan dengan kriteria tertentu sajalah yang akan diberikan fasilitas fitur CLiR Permanen ini. Kriteria tersebut adalah sebagai berikut:
ü Pejabat Tinggi Negara (Presiden, Ketua Lembaga tertinggi dan tinggi negara, menteri, pejabat tinggi setingkat menteri, gubernur, dan pejabat eselon I).
ü Pelanggan di lingkungan departemen atau lembaga negara yang tugasnya berhubungan dengan masalah pertahanan dan keamanan negara seperti pejabat tinggi militer, Bakin, BIA, dan petugas penyidik (kejaksaan dan polisi).
ü Pelanggan yang memiliki status sosial-ekonomi tinggi yang memerlukan privasi, kerahasiaan dan keamanan seperti Direktur BUMN, pengusaha terkenal, dan sejenisnya.
Catatan : fitur ini hanya dapat digunakan selama nomor yang dihubungi adalah pelanggan Telkomsel (kartuHALO dan simPATI Nusantara).
FARiDA
FARiDA atau Fax Response and Interactive Data adalah fitur yang memungkinkan pelanggan bisa melakukan komunikasi suara (voice), data, dan mengirimkan faksimile melalui ponsel hanya dengan menggunakan satu nomor (MSISDN).
Pada prinsipnya, cara kerja dari fitur ini adalah menjadikan nomor ponsel sebagai nomor identifikasi faks atau data.
FARiDA – Multi Numbering
Adalah fitur yang memungkinkan pelanggan bisa melakukan komunikasi suara (voice), fax dan data, melalui ponsel dengan menggunakan kartuHALO yang berisi 3 (tiga) nomor dengan 1 (satu) IMSI. Fitur ini diluncurkan sebagai solusi bagi pengguna ponsel Nokia 9210 dan Nokia 9210i untuk menerima fax dari PSTN.
ROAMiNG INTERNASIONAL
ROAMiNG atau Jelajah Internasional adalah fitur yang memungkinkan pelanggan yang hendak bepergian ke luar negeri masih tetap bisa menggunakan ponselnya. Pelanggan bisa dihubungi atau menghubungi, dengan catatan negara yang dikunjunginya tersebut telah melakukan kerja sama Roaming Internasional dengan Telkomsel.
Sampai dengan bulan September 2001Juni 2002 Telkomsel telah bekerjasama dengan 135 145 operator dari 57 63 negara
ANiTA (Aneka Informasi Tagihan)
Layanan informasi tagihan bagi pelanggan kartuHALO. Ada 2 (dua) jenis ANiTA yaitu yang berbasis SMS dan berbasis Voice. Sedangkan untuk layanan informasi tagihan melalui www.telkomsel.com untuk sementara dihentikan.
ANITA - SMS
Layanan ANiTA yang mempergunakan sistem SMS dan informasi pemakaian yang diberikan adalah data ter up-dated (paling cepat H-2) atau sampai hari terakhir melakukan percakapan, tetapi tidak termasuk di dalamnya biaya berlangganan (abonemen) dan biaya Ppn 10 %.
Dengan ANITA pelanggan dapat mengetahui besarnya pemakaian sementara pada saat bulan berjalan sehingga dapat mengontrol pemakaian.
§ Informasi total tagihan bulan ini, dengan mengetik pesan HALO1/HELLO1
§ Informasi total tagihan bulan lalu, dengan mengetik pesan HALO2/HELLO2
ANiTA – Voice
Layanan ANiTA yang mempergunakan sistem Voice dan informasi pemakaian yang diberikan adalah total tagihan bulan ini dan 1 bulan lalu, termasuk di dalamnya biaya berlangganan (abonemen) dan Ppn 10 %.
Dengan layanan ini anda dapat segera mengetahui jumlah tagihan yang harus dibayarkan, tanpa menunggu datangnya billing tagihan.
Payment Gateway
Adalah sistem pelayanan pembayaran tagihan secara on-line Host to Host (real time) antara bank dengan Telkomsel.
Setiap pembayaran tagihan kartuHALO yang melalui cabang-cabang bank terkait, baik tunai maupun non-tunai, pada saat bersamaan dan secara langsung diteruskan ke dalam database Telkomsel melalui jaringan Lintas Arta yang bertindak sebagai Gateway.
Layanan ini mulai diluncurkan sejak Juli 2001.
Beberapa kemudahan yang diberikan melalui layanan ini antara lain :
- Bagi pelanggan kartuHALO mempermudah melakukan pembayaran secara on-line di bank-bank yang terdekat .
- Sistem ini berlaku untuk pembayaran tagihan bulan berjalan, bila ada tunggakan dapat dibayarkan melalui GraPARI.

Tidak ada komentar: